Beranda » Blog » 7 Tempat wisata wajib di Belitung

7 Tempat wisata wajib di Belitung

Belitung adalah tempat dimana kalian bisa menemukan wisata menarik untuk berlibur serta banyak menyajikan pemandangan pantai yang eksotis yang dapat memanjakan mata, berikut rekomendasi menarik yang wajib. dikunjungi, 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah sebagai berikut. maka dari itu jangan lewatkan beberapa tempat wisata wajib di belitung ini.

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi salah satu pantai yang wajib kalian kunjungi di Belitung, Hamparan pasir putih yang lembut dan batu granit membuat pantai ini terasa khas sekali. Pantai ini menjadi terkenal karena menjadi tempat syuting film laskar pelangi. Pantai Tanjung Tinggi berlokasi di Desa Ciput Kec. Sijung Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, kalau kamu dari Tanjung Pandan atau pusat kota membutuhkan waktu 30 menit untuk berkendara dan jika kamu dari bandara Belitung waktu yang kamu butuhkan kurang lebih satu jam. Untuk bisa ke pantai ini, kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya tiket karna tiket ke pantai ini gratis, kamu cukup bayar parkir saja Rp 5.000  untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. Untuk jam operasional nya 24 jam, pantai ini akan sangat ramai saat weekend dan musim liburan. Di sekitar pantai juga terdapat penginapan atau home stay yang dibandrol dengan harga Rp 150.000 – Rp 250.000 tergantung fasilitas yang didapat.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi, terletak di pantai utara dan barat belitung, berjarak 27 km dari ujung pandan, tanjung kelayang di masukan dalam lokasi Bali baru pada tahun 2016. Tanjung kelayang adalah pantai berpasir putih yang membentang disebuah semenanjung, di tanjung kelayang kalian juga bisa menyewa perahu untuk menuju Island Hopping (pulau-pulau kecil Belitung), ikon yang terkenal adalah batu garuda yaitu batu granit yang membentuk sebuah pulau dimana berbentuk seperti kepala burung garuda. Tidak jauh dari batu garuda terdapat pulau kelayang dimana terdapat batu granit yang membentuk seperti goa. Tidak hanya menikmati  pantai, di Tanjung Kelayang kamu bisa menikmati kuliner seafood konon seafood di Belitung hanya mati sekali, karena hasil lautnya yang selalu segar.

  1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas berada di selatan Tanjung Kelayang tepatnya Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini identik dengan mercusuar menarik di tengah laut, untuk sampai kesini kalian bisa sewa perahu yang ada di pantai tanjung kelayang. Kalian bisa snorkling bersama ikan-ikan yang lucu. Buat kalian yang punya stamina lebih kalian bisa pergi keatas mercusuar untuk melihat pemandangan di sekitar pulau yang indah. Mercusuar ini dibangun sejak Era Kolonial Belanda dengan tujuan untuk mengatur lalu lintas laut, mempunyai tinggi 52 m dengan 18 lantai, meskipun sudah berumur tua mercusuar ini masih kokoh untuk bisa dikunjungi. Tidak lupa, kamu dapat melihat batu-batu granit yang berukuran lebih besar dari rumah yang berjejeran di tepi pantai. dan jangan lewatkan untuk memancing dan snorkeling. Ikan-ikan yang ada di disekitar pulau akan terlihat jelas karena air biru yang masih jernih dan belum tercemar di pulau ini. Untuk menuju ke Pulau Lengkuas, kamu dapat menyewa perahu kapal dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang dengan kisaran hara Rp 350.000 hingga Rp 500.000. dengan perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit.

  1. Danau kaolin

Danau kaolin memiliki pemanmpakan yang unik. Airnya yang biru dikelilingi dengan bebatuan berwarna putih. Lokasinya berada di Jl. Murai, Desa Air Rayak, kec. Tanjung pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Air yang jernih seperti cermin yang memantulkan paoramma langit dan bebatuan. Danau  kaolin ini merupakan bekas tambang timah yang terjadi di Belitung, Masyarakat setempat menyebut lubang galian tambang dengan sebutan “kolong”. lubang galian danau kaolin memiliki kedalaman yang beragam. Diindikasikan dengan warna airnya yang beragam. Ada banyak kolong di bekas galian tambang. Warna biru muda mengindikasikan kolong berumur muda berkisar 10 tahun. Sedangkan danau berwarna hijau gelap dan cokelat ialah kolong tua.

  1. Bukit peramun

Belitung tidak hanya terkenal oleh pantai-pantai yang indah saja, belitung juga punya jalur-jalur tracking yang menarik, berawal dari gagasan dari masyarakat bukit selumar kawasan peramun ini hadir, tujuannya untuk melinndungi sumber air disana dan sebagai pengalih masyarakat untuk menambang timah. Bukit ini sedang dibangun sebagai digital forest jadi kalo teman-teman dateng ke bukit peramun coba download aplikasi namanya peramun hill  dan scan beberapa barcode atau beberapa gambar disana, kalian akan menemukan cerita-cerita menarik tentang bukit peramun, dan satu lagi jika kalian beruntung kalian bisa tracking malam dan kalian akan menemukan si mungil tarsius.

  1. Pantai Penyabong

Letaknya agak jauh dari pantai tanjung pandang karena tempatnya cukup terpencil, maka pengunjung harus melewati jalan tanah yang panjang dan berliku.  namun lelah yang kalian dapat waktu datang kesini terbayar dengan indahnya pantai, saran saya kalian naik ke puncak granit dan melihat sekeliling yang indah, berbeda dengan pantai-pantai di Belitung lainnya yang memiliki ombak tenang. pantai penyabong terdapat ombak yang besar. Untuk itu kalian harus berhati-hati jika bermain terlalu dekat dengan pantai tersebut. Walaupun Pantai Penyabong berada di wilayah terpencil  namun fasilitas yang ada di pantai ini sudah lumayan cukup. Bagi kalian pecinta seafood kalian harus coba salah satu rumah makan, kalian akan tergila-gila dengan rasa seafood yang segar.

  1. Batu Baginde

Selain populer dengan keindahan pantai-pantainya, Belitung juga memiliki kumpulan bebatuab garnit yang besar-besar.  Belitung juga Lokasinya terletak tak terlalu jauh Pantai Penyabong, masih di daerah mambalong Belitung. Disebut batu baginde karena batu granit yag besar dan tinggi seperti gunung, namun karena ukurannya tidak terlalu besar maka masyarakat menamakannya sebagai Bukiit Batu. Letaknya persis di dekat Gunung Baginda membuat masyarakat Bellitung menyebutnya Batu Baginde. Batu ini aslinya terdiri dari dua batu yang konon katanya sebagai simbol pasangan, dan banyak masyarakat yang percaya untuk mencari pesugihan di batu ini. Untuk mencapainya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan orda dua atau roda empat dari Tanjung Pandan. tempat wisata ini tidak ada tiket masuk dan bisa dibilang gratis. Jika kamu ingin mendaki Batu Baginde, jangan lupa mempersiapkan fisik, sepatu yang yang punya daya cengkram, air minum, dan menggunakan tabir surya. Matahari di Belitung terasa terik tapi itu yang membuat biru langit dan laut terlihat indah berkilau.

Hal diatas merupakan tempat-tempat wisata yang menarik di Belitung, tunggu apalagi mari berwisata ke Belitung. Lets go Belitung.

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.